Hati-Hati! Inilah 13 Ciri Ciri Tukang Bohong Yang Wajib di Waspadai!!

tukang bohong

Inilah beberapa ciri ciri tukang bohong yang harus diwaspadai. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, berbohong adalah salah satu kebiasaan yang hampir pasti pernah dilakukan oleh semua orang di dunia ini.

Secara naluri, kita sebenarnya bisa mengetahui orang yang sedang berbohong. Tapi ada kalanya kita tidak bisa membedakan seseorang sedang berbohong atau tidak, hal ini disebabkan karena pikiran bawah sadar kita sedang kebingungan.

Tapi kita bisa mengenali seseorang yang sedang tidak berkata jujur lewat beberapa ciri dan bahasa tubuh yang biasa dilakukan oleh tukang bohong. Lantas, seperti apa ciri-ciri dan bahasa tubuh tukang bohong tersebut? berikut ulasannya.

#1. Sering Berhenti Berbicara Secara Tiba-tiba

Ciri ciri tukang bohong yang pertama yaitu sering berhenti berbicara secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena orang yang sedang berbohong pasti membutuhkan waktu untuk berpikir tentang apa yang akan dibicarakannya.

Misalnya, ketika kamu memberikan sebuah pertanyaan kepada seseorang, dan dia langsung menjawabnya dengan lancar. Bisa jadi dia sedang mengatakan yang sebenarnya alias tidak berbohong.

#2. Sering Meminta Mengulang Pertanyaan

Selain tiba tiba berhenti berbicara, biasanya para tukang bohong juga sering meminta lawan bicaranya untuk mengulang pertanyaan yang sama, mereka seolah-olah tidak terlalu jelas mendengarnya.

Hal ini mereka lakukan untuk mengulur waktu saja sedikit lebih lama, agar mereka bisa berpikir lebih lama tentang jawaban apa yang harus mereka berikan. 

#3. Sering Mengangguk Tanpa Sadar

Selanjutnya yaitu sering mengangguk tanpa mereka sadari, karena ketika seseorang sedang berbohong, maka akan terjadi ketidaksinambungan antara perilaku non verbal dengan perilaku verbal.

Hal ini terjadi karena tubuh mereka secara tanpa sadar akan mencocokkan dengan apa yang sedang mereka katakan. Sehingga, walaupun kebohongan itu ditutupi serapat mungkin, bahasa tubuh tidak mampu menutupinya.

#4. Menggerak-Gerakan Kaki

Salah satu bahasa tubuh yang biasa dilakukan oleh orang sedang berbohong adalah mereka sering mengerak-gerakan kakinya dengan gelisah. Hal ini dilakukannya, karena mereka ingin segera pergi dari situasi sulit yang sedang menghimpitnya.

#5. Banyak Alasan

Ciri-ciri tukang bohong selanjutnya yaitu mereka akan banyak memberikan rincian jawaban, yang bahkan kita belum menanyakan perihal tersebut. Hal ini mereka lakukan agar terlihat lebih terbuka dan seolah-olah mereka sedang mengatakan yang sebenarnya.

#6. Sering Mengulangi Hal Yang Sama

Orang yang sedang melakukan kebohongan, biasanya sering mengulangi hal-hal yang sama. Hal ini mereka lakukan untuk menyakinkan orang-orang yang sedang dibohonginya tersebut agar percaya dengannya.

#7. Tidak Konsisten

Tidak konsisten juga bisa mengindikasikan bahwa seseorang tersebut sedang berbohong, biasanya mereka cenderung membuat banyak kesalahan, seperti lupa dengan rincian jawabannya, dan tersandung dengan kata-kata yang pernah diucapkan sebelumnya.

#8. Bernafas Agak Cepat

Bahasa tubuh si tukang bohong selanjutnya yaitu bernafas agak cepat daripada biasanya, hal ini terjadi karena ketika seseorang sedang berbohong, maka tekanan darah dan detak jantungnya berjalan lebih cepat. Selain itu, nada bicara dan nada suara juga ikut berubah dari biasanya.

#9. Sering Berdehem

Orang yang sedang berbohong biasanya memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan tenggorokannya jadi kering. Tenggorokan kering bisa membuat seseorang sering berdehem. Nah, jika seseorang sering berdehem sebelum menjawab pertanyaanmu, bisa jadi dia sedang berbohong.

#10. Sering Mengelus Rambutnya Sendiri

Sering mengelus rambut sendiri atau melakukan hal-hal kecil yang tidak penting lainnya seperti merapikan baju atau merapi rambut, bisa diartikan bahwa seseorang tersebut sedang berbohong kepadamu. Hal ini mereka lakukan, karena mereka sedang gugup dan takut kebohongannya ketahuan.

#11. Gelisah

Ciri-ciri tukang bohong selanjutnya yaitu gelisah. Karena, saat seseorang sedang berbohong, maka sistem saraf seseorang akan menegang, tingkat kecemasan semakin tinggi, dan darah akan mengalir lebih cepat.

Hal-hal tersebut akan menyebabkan seseorang akan menjadi lebih gelisah daripada biasanya seperti sering berkedip lebih cepat, meremas tangan, atau mengigit bibirnya sendiri, dan lain sebagainya.

#12. Tiba-Tiba Menjadi Kaku

Selain menjadi lebih gelisah daripada biasanya, tubuh tukang bohong tersebut akan lebih terlihat kaku. Hal ini terjadi karena secara alamiah tubuh seseorang biasa akan mempersiapkan dirinya untuk berkonfrontasi.

#13. Menutupi Wajahnya

Yang terakhir yaitu menutupi wajah, perilaku ini adalah salah satu gerakan alami yang biasa dilakukan oleh orang sedang berbohong. Selain menutupi wajah, kecenderungan lainnya yaitu menutupi dada, atau menutupi perut.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri tukang bohong yang harus kita waspadai. Semoga artikel ini bermamfaat, dan jangan lupa BAGIKAN/SHARE ke media sosialmu ya. Terima kasih!!.

Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati! Inilah 13 Ciri Ciri Tukang Bohong Yang Wajib di Waspadai!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel