Waspadalah! Inilah 11 Penyebab Orang di Bully!!

Inilah beberapa penyebab orang di bully. Dimana, Bully adalah salah satu tindakan terkejam terhadap seseorang, dengan cara merendahkan kedudukannya, di sebuah komunitas, perkumpulan atau pergaulan.

Ada beberapa jenis bully, ada yang dinamakan " Verbal Bullying " yaitu dengan mengucapkan atau menulis sesuatu yang menyakitkan, contohnya mengejek, mengancam, atau berkomentar yang berbau seksual.

Yang kedua yaitu " Social Bullying ", contohnya dengan sengaja mencuekin seseorang, dengan tujuan agar orang tersebut merasa tidak berharga. Yang terakhir " Physical Bullying ", yaitu menyakiti fisik atau merusak barang seseorang. Lantas, apa penyebab orang di bully tersebut? Berikut ulasannya

#1. Terlalu Gemuk

tipe orang yang sering di bully

Penyebab orang di bully yang pertama yaitu orang yang terlalu gemuk. Tipe orang ini sering dijadikan bahan olok-olokan atau ejek-ejekan oleh beberapa orang di sekitarnya dengan sebutan gajah, kuda nil, truk tronton, dan sebagainya.

Dilihat dari perlakuan yang diterima korban bully tersebut, bully terhadap orang yang terlalu gemuk termasuk dalam kategori " Verbal Bullying ".

#2. Terlalu Kurus

tipe orang yang sering di bully

Selain gemuk, keadaan fisik yang juga sering jadi penyebab bully adalah orang yang terlalu kurus. Dimana, orang yang berbadan kurus itu sering dipandang sebelah mata karena dianggap lemah, atau istilah kerennya di remehin.

Selain itu, orang yang terlalu kurus juga sering mendapatkan " Verbal Bullying " oleh beberapa orang di sekitarnya, dengan sebutan seperti lidi, tiang listrik, dan lain sebagainya.

#3. Culun Atau Cupu

tipe orang yang sering di bully

Penyebab orang di bully selanjutnya yaitu culun atau cupu. Culun adalah sebuah ungkapan untuk mengambarkan kepribadian indentik seseorang, baik sifat maupun penampilannya seperti cara berpakaian, gaya hidup, dan pergaulannya.

Biasanya, orang yang dianggap culun atau cupu ini suka di bully oleh para tukang bully, karena biasanya mereka tidak ada bekingan untuk membalas perbuatan bully tersebut, dan kebanyakan orang yang culun juga tidak bisa membela dirinya sendiri.

#4. Lemot

Selanjutnya yaitu orang yang lemot atau loading lama. Biasanya, orang yang lemot itu terlalu lama berpikir untuk mencerna sesuatu. Ibaratnya, orang sudah berbicara panjang lebar seluas samudera, tapi dia masih berpikir untuk mencernanya.

Untuk hal itu, sebaiknya dalam pergaulan kita harus pandai berimprovisasi seperti cepat bertindak sebelum dijuluki " lemot ". Kalau sudah mendapatkan julukan tersebut, berhati-hatilah, karena dari sana orang bisa merendahkanmu secara tidak langsung.

#5. Tidak Percaya Diri

tipe orang yang sering di bully

Orang yang tidak percaya diri, minder, pemalu, tidak berani, dan kurang bisa bergaul juga sering menjadikan korban bully. Kalau tukang bully bertemu dengan orang tipe ini ibarat singa bertemu rusa.

Karena dimata mereka, orang tipe ini adalah tipe orang yang tidak memiliki pertahanan, tidak ada perlawanan, dan para tukang bully bisa dengan bebas memperlakukan mereka sebagai korban bully-nya.

#6. Autis

Berdasarkan hasil sebuah survey dalam jurnal " Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine " disebutkan hampir setengah anak autis menjadi korban bully di sekolahnya, khususnya di sekolah umum.

Catatan penting :

Saya ingin memberikan pesan kepada mereka yang sering membully para autis. Mereka harus menyadari semua orang itu memiliki hak yang sama untuk merasa aman. Hanya karena ada seseorang yang berbeda, bukan berarti dia bisa dijadikan bahan lelucon.  

#7. Wanita Cantik

tipe orang yang sering di bully

Siapa yang bilang seorang wanita cantik itu kehidupannya baik-baik saja! Karena pasti ada beberapa orang yang iri kepadanya. Dan akibat iri tersebut, tidak jarang wanita cantik tersebut menjadi korban bully.

Salah satu contohnya adalah Kate Middleton, yang sekarang statusnya sudah menjadi istri Pangeran William. Dimana, Kate Middleton pernah menjadi korban bully oleh teman-temannya yang merasa iri kepadanya.

#8. Beda Etnis

Perlakuan bully terhadap etnis dan golong tertentu adalah salah satu bully yang paling sering terjadi di Indonesia. Biasanya, para tukang bully tersebut melakukan serangan secara " Verbal Bullying " dan " Social Bullying ".

Tipe orang yang biasa melakukan bully jenis ini " sangat " tidak pantas ditiru, karena biasanya jenis orang seperti ini asal berbicara saja, tidak pernah berpikir terlebih dulu.

#9. Adik Kelas

tipe orang yang sering di bully

Mungkin kamu pernah tanpa sengaja menyenggol seorang kakak kelas ketika di awal-awal masuk SMP atau SMA. Dan lebih sialnya lagi, kakak kelas tersebut adalah salah satu anggota geng ababil di sekolah, yang hanya berani ketika bersama satu geng-nya saja.

Nah, kelompok-kelompok geng di sekolah, yang kelakuannya seperti sok jagoan inilah yang sering membully adik kelasnya. Mulai dari malak (ambil paksa) uang, menyuruh masuk dalam geng-nya, dan perbuatan pemaksaan lainnya.

Selain geng, para senior juga sering melakukan bully kepada adik-adik kelas-nya. Contohnya adalah yang sering terjadi kepada mahasiswa baru dalam " Perpeloncoan " yang dibumbui sedikit kekerasan.

Biasanya motivasi mereka melakukan ini, karena dulunya mereka juga pernah mengalami hal yang sama, ketika masih berstatus junior oleh senior-senior-nya. 

#10. Orang Dengan Nama Yang Aneh

Penyebab orang di bully selanjutnya yaitu orang yang memiliki nama aneh. Biasanya, jenis bully ini sering terjadi di masa-masa SD dan SMP, dimana pada waktu itu, kamu pasti pernah memplesetkan nama teman-temanmu.

Dan yang lebih parahnya lagi, tidak jarang nama orang tua teman-temanmu juga kena batunya, padahal mereka tidak ikut-ikutan dan tidak tau apa masalahnya.

#11. Orang Yang " Out Of The Box "

Ini adalah tipe orang yang sering di bully, yang sedang booming beberapa tahun terakhir di Indonesia. Biasanya, jenis bully ini dilakukan oleh tipe-tipe orang pengecut, yang beraninya lewat akun anonim di sosial media.

Dengan akun anonim tersebut mereka melancarkan serangan berupa komentar-komentar pedas ke akun sosial media, yang menjadi korban bully-nya. Ada banyak sekali contohnya di Indonesia seperti  Farhat Abbas, Syahrini, Mulan Jameela, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa penyebab di bully. Pesan saya, bijaksanalah dalam menjalani hidup, selalu bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan kepada kita, dan selalu tetap rendah diri kepada sesama. Dan terima kasih sudah membaca artikel pertama Klikmenarik.com ini.

Belum ada Komentar untuk "Waspadalah! Inilah 11 Penyebab Orang di Bully!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel