Kamu Kecanduan Anime! Inilah 4 Penyakit Psikologis Yang Siap Mengintaimu!!

Berikut ini adalah beberapa penyakit psikologis yang bisa saja diderita oleh orang yang sudah kecanduan Anime. Walaupun begitu, tidak semua pengemar Anime akan mengidap penyakit psikologis ini.

Karena ada beberapa faktor lain, yang menjadi penyebab penyakit psikologis ini, jadi bukan hanya karena kecanduan Anime. Salah satunya adalah datang dari pengaruh keluarga, lingkungan, dan lain sebagainya.

Lantas, penyakit psikologis apa saja yang bisa saja diderita oleh orang yang sudah kecanduan Anime? Berikut ulasannya

#1. Chuunibyou
kecanduan Anime
Ilustrasi Chuunibyou
Chuunibyou adalah salah satu penyakit psikologis, dimana sipenderitanya sering berdelusi atau berhayal bahwa dirinya seolah-olah mempunyai kekuatan supernatural. chuunibyou ini banyak ditemukan kepada diri seorang anak remaja, yang sedang memasuki masa pubertas.

Contoh " chuunibyou " pada usia remaja adalah mereka sering menirukan gaya-gaya tokoh film Anime favorit mereka. Namun, dalam beberapa kasus, ada juga orang yang sudah dewasa masih bersikap seperti itu.

Walaupun dikatakan sebagai penyakit psikologis, tapi " chuunibyou " ini bukan sebuah penyakit atau gangguan jiwa. Tapi sejenis emosi dan tindakan yang muncul secara bersamaan, kemudian membentuk pola yang dapat diidentifikasi.

#2. Weeaboo

Seorang " weeaboo " bisa dianggap sebagai pengemar Anime versi ekstrim. Karena, seorang " weeaboo " adalah orang yang senang memperlihatkan atau mempertontonkan dirinya yang sangat Jepang, bahkan melebihi orang Jepang asli.

Seorang " weeaboo " itu sebenarnya adalah orang yang terlalu terobsesi dengan Jepang, sehingga mereka sering bertingkah seperti orang Jepang, berbicara dengan gaya Jepang, dan seolah-olah tinggal di Jepang.

Padahal kenyataan mereka bukan orang Jepang, bukan warga negara Jepang, dan tidak pernah tinggal di Jepang. Inspirasi mereka hanya berasal film Anime dan Manga, yang mereka anggap sebagai sumber segalanya.

Bagi mereka, semua orang harus beranggap baik tentang Jepang, seperti memahami kebudayaan, tradisi, dan kebiasannya. Kini, fenomena " weeaboo " ini sudah banyak ditemukan di beberapa negara berkembang, termasuk juga di Indonesia.

#3. Nijikon

Nijikon adalah orang yang hanya tertarik terhadap wujud 2 dimensi saja seperti karakter Anime, Manga, dan video game. Istilah " Nijikon " ini adalah singkatan dari " Nijigen kompurekkusu " yang artinya " kompleks 2 dimensi ".

Orang yang tertarik kepada salah satu atau lebih dari satu karakter Anime, Manga, dan video game, sering menyebut dirinya " Nijigen Otaku ". Biasanya, mereka ini tidak pernah mau disebut sebagai " nijikon ".

Dalam kasus yang sangat serius, seorang " nijikon " betul-betul tidak tertarik lagi dengan manusia nyata. Makanya, ada beberapa kasus orang yang secara terang-terangan menikahi karakter Anime, Manga, dan video game.

#4. Hikikomori

Satu lagi penyakit psikologis yang siap mengintai kepada orang yang sudah kecanduan Anime, yaitu " hikikomori ". Istilah " hikikomori " ini merujuk kepada orang yang menarik diri dari kehidupan di sekitarnya.

Di Jepang, kasus-kasus " hikikomori " ini cukup banyak terjadi, dimana diperkirakan ada 2 jutaan remaja berusia 13-20 tahun, yang mengalami penyakit psikologis ini. Salah satu cirinya adalah mereka jarang keluar rumah.

Bahkan, dalam beberapa kasus, ada beberapa penderita " hikikomori ", yang tidak keluar rumah kurang lebih 10 tahun. Di Jepang, " hikikomori " masih dianggap sebagai fenomena sosial, tapi di negara lain sudah dianggap sebagai penyakit psikologis.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang menjadi " hikikomori ", seperti orangtua yang terlalu memanjakan anaknya, tekanan di lingkungannya, dan banyak hiburan menarik yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah seperti film Anime.

Nah, itulah beberapa penyakit psikologis yang bisa saja diderita oleh para pengemar Anime jika sudah terlalu kecanduan Anime. Kasus-kasus penyakit ini banyak ditemukan di Jepang dan beberapa negara maju.

Belum ada Komentar untuk "Kamu Kecanduan Anime! Inilah 4 Penyakit Psikologis Yang Siap Mengintaimu!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel