Eksotis! Inilah 7 Bangkai Kapal Karam Yang Sering Dijadikan Objek Wisata!!

Inilah beberapa bangkai kapal karam terkenal di dunia, yang sering dijadikan objek wisata. Memang, tenggelam atau karam-nya sebuah kapal itu adalah salah satu tragedi, yang tidak mungkin dilupakan begitu saja oleh keluarga korban.

Walaupun begitu, ada beberapa kapal karam yang ditinggalkan begitu saja, justru semakin lama semakin terlihat eksotis. Kemudian, bangkai kapal inipun menjadi salah satu objek wisata yang menarik dikunjungi wisatawan.

Lantas, dimana saja bangkai kapal karam yang eksotis dan sering dikunjungi wisatawan itu berada? Berikut ulasannya

#1. The Maheno di Australia
bangkai kapal karam
The Maheno di Australia
Bangkai kapal karam eksotis yang pertama yaitu The Maheno. Kapal ini dibuat pada tahun 1905 sebagai salah satu kapal uap pertama yang mempunyai satu turbin. Pada masanya, kapal ini sering berlayar antara Sydney dan Auckland.

Pada masa perang dunia pertama meletus, kapal ini pernah dijadikan sebagai rumah sakit di eropa. Namun sayang, kapal ini hilang akibat diterjang badai besar ketika menuju ke Jepang pada tahun 1935.

Kemudian ditemukan kembali 3 hari kemudian di lepas pantai pantai Pulau Fraser. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, hanya usaha untuk menarik kapal ini tidak pernah dilakukan hingga sekarang.

Kini, bangkai kapal karam ini dibiarkan begitu saja dimakan karat. Walaupun begitu, semakin lama kapal ini semakin terlihat eksotis, dan justru banyak menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat bangkai kapal ini.

#2. Sweeptakes di Kanada
bangkai kapal karam
Sweeptakes di Kanada
Salah satu tempat untuk melihat bangkai kapal karam yang eksotis adalah di Ontario, Kanada, yaitu salah satu kuburan bangkai kapal terbesar di dunia, karena ada 25 bangkai kapal yang ada di kawasan ini.

Salah satu bangkai kapal eksotis yang sering dikunjungi wisatawan di Ontario adalah kapal Sweeptakes. Kapal Sweeptakes karam di perairan dangkal pada tahun 1885, akibat menambrak sebuah karang.

Pengunjung tidak perlu menyelam untuk melihat bangkai kapal ini, cukup mengunakan sebuah perahu saja sudah bisa melihat bangkai kapal ini dari atas permukaan air, atau bisa juga melihatnya sambil snorkeling.

#3. MV Panagiotis di Yunani
bangkai kapal karam
MV Panagiotis di Yunani
Bangkai kapal karam eksotis selanjutnya yaitu juga sering dijadikan objek wisata adalah MV Panagiotis di Yunani. Kapal ini dibuat pada tahun 1930-an dan kandas pada tahun 1980-an akibat cuaca buruk.

Walaupun lokasi kandasnya kapal ini sudah terlalu mainstream, tapi para wisatawan sangat disarankan berkunjung diwaktu-waktu tertentu saja. Selain itu, lokasinya juga cukup tersembunyi karena dikelilingi bukit berbatu karang. 

#4. Salem Express di Laut Merah
bangkai kapal karam
Salem Express di Laut Merah
Salah satu kejadian paling tragis dalam dunia kelautan, yaitu karamnya kapal Salem Express pada tahun 1991 di laut merah. Tragedi inipun banyak memakan korban jiwa, yaitu sekitar 470 orang ikut tenggelam.

Kapal Salem Express tenggelam karena menambrak dinding sebuah terumbu karang setelah diterba angin kencang, yang menyebabkan lubang besar dibagian lambung kapal, sehingga akhirnya kapal ini tenggelam.

Kini, dibalik kisah tragisnya tersebut, kapal ini masih menyisakan keindahan yang eksotis berupa bangkai kapal yang sering dikunjungi para penyelam. Bahkan, para penyelam masih bisa menemukan beberapa barang seperti koper, sepeda, dan lainnya.

Sayangnya, karena lokasinya yang memiliki resiko cukup tinggi, maka untuk bisa menikmati keindahan bangkai kapal karam ini, para penyelam harus sudah memiliki lisensi, dan tidak dianjurkan bagi penyelam amatir.

#5. Eduard Bohlen di Nambia
bangkai kapal karam
Eduard Bohlen di Nambia
Pemandangan kapal Eduard Bohlen di Nambia ini memang sangat kontras sekali, karena biasanya kapal karam itu di lautan atau tidak jauh dari peairan, tapi kapal ini seolah-olah tenggelam di padang gurung yang gersang.

Walaupun sebenarnya, lokasi bangkai kapal ini hanya beberapa kilometer dari lepas pantai, tapi tetap saja kekontrasannya tetap terlihat, dan justru itulah membuat bangkai kapal ini sering dijadikan objek wisata.

#6.  Klintholm di Yunani
bangkai kapal karam
Klintholm di Yunani
Selain MV Panagiotis, ada satu bangkai kapal karam eksotis di Yunani, yaitu Klintholm. Kapal ini dibuat pada tahun 1950-an, dan terdampar di Valtaki, Laconia, Yunani pada tanggal 23 Desember 1981.

Ada beberapa rumor tentang bagaimana sampai kapal ini terdampar di pantai ini. Ada yang mengatakan bahwa kapal ini bermuatan barang seludupan, dan untuk menghilangkan jejak, kapal inipun akhirnya dibakar.

Ada juga yang mengatakan bahwa kapal terpaksa berlabuh di sekitar pantai ini, karena kapten kapal-nya sedang sakit parah, dan harus dibawa ke rumah sakit. Kemudian kapal ini ketahuan membawa barang seludupan dan akhirnya dibakar.

Tapi dibalik rumor beredar tersebut, kini bangkai kapal ini terlihat eksotis, dan cukup sering dikunjungi wisatawan.

#7. Fort Shevchenko di Laut Karibia

Bangkai kapal karam eksotis terakhir yang sering dijadikan objek wisata, yaitu Fort Shevchenko. Kapal yang dibuat pada tahun 1952 silam ini sebagian besar hidupnya hanya melayani angkatan laut Soviet.

Hingga pada tahun 1999, kapal ini dijual, dan berganti nama menjadi La Famille Express. Kini, kapal ini dibiarkan kandas di perairan sekitar kepulauan Turks dan Caicos, Laut Karibia. Kapal ini cukup populer sebagai objek wisata bagi penduduk lokal.

Nah, itulah beberapa bangkai kapal karam yang sering dijadikan objek wisata. Bagaimana! Tertarik berkunjung kesana? Atau mungkin kamu mau menambahkan daftar kapal karam lainnya, silahkan tulis dikolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Eksotis! Inilah 7 Bangkai Kapal Karam Yang Sering Dijadikan Objek Wisata!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel